Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengulik Perbedaan Ketika Pusing Hamil Dengan Pusing Biasa Serta Penanganannya


Pusing dapat merupakan pertanda atau gejala yang berasal dari penyakit atau perubahan kondisi tubuh. Setiap individu pasti pernah mengalaminya, termasuk wanita yang sedang hamil. Namun adakah perbedaan ketika pusing hamil dengan pusing biasa? Berikut penjelasannya dan cara yang tepat untuk menanganinya.

Penyebab Umum Seseorang Mengalami Pusing

Sebelum membahas mengenai perbedaan pusing biasa dan pusing hamil, ada baiknya untuk lebih dulu memahami penyebab pusing yang biasanya terjadi pada seseorang. Pusing dapat dipicu hanya dari hal sepele, seperti pindah posisi dari duduk lalu berdiri atau dari berbaring lalu duduk.

Pada umumnya pusing bukanlah sesuatu yang dapat mengancam nyawa namun pusing yang berkelangsungan dapat menjadi indikasi untuk penyakit serius lainnya. Penyebab lainnya yang dapat memicu pusing adalah dehidrasi, anemia, defisit gula darah, dan gangguan pada saraf.

Perbedaan Pusing Biasa Dan Pusing Saat Mengandung

Seorang calon ibu akan mengalami berbagai gejala yang mengindikasikan perubahan yang sedang terjadi di dalam tubuhnya. Perubahan tingkat hormon yang signifikan dapat menjadi pemicu munculnya rasa mual, kelelahan, dan pusing. Hal tersebut merupakan contoh perbedaan ketika pusing hamil dengan pusing biasa.

Selain hal di atas, pusing yang dirasakan wanita hamil dengan pusing biasa tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan. Pusing biasa kadang terjadi secara tiba tiba tanpa tanpa diketahui dengan pasti penyebabnya. Rasa yang ditimbulkan pusing biasa umumnya terasa intens dan terjadi hanya sekali dalam satu waktu.

Sedangkan pusing pada wanita hamil biasanya lebih ringan dan hanya terjadi pada tiga semester awal kehamilan. Pada masa masa tersebut, selain rasa mual dan kelelahan, pusing juga akan disertai pembengkakan pada beberapa bagian tubuh dan gangguan pencernaan.

Cara Mengatasi Pusing Biasa dan Pusing Saat Sedang Hamil

Pusing pada umumnya bukanlah hal serius yang perlu dikhawatirkan. Namun ada baiknya untuk tetap mencoba mengatasinya agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Dengan demikian, anda harus mengetahui penanganan yang tepat pada perbedaan ketika pusing hamil dengan pusing biasa.

Salah satu cara untuk menghilangkan pusing biasa secara tradisional adalah mengonsumsi air rebusan jahe. Namun jika gejala masih terus menerus berlangsung ada baiknya anda segera menemui dokter. Hal tersebut dikarenakan mungkin saja pusing yang anda rasakan merupakan indikasi dari penyakit lainnya.

Penanganan berbeda diperlukan untuk mengatasi pusing yang terjadi karena sedang mengandung. Kondisi tubuh saat hamil sangatlah berbeda dengan kondisi normal, oleh sebab itu ibu hamil harus konsisten untuk mengonsumsi obat-obatan maupun suplemen yang telah dianjurkan dokter untuk mengurangi gejala pusing kehamilan.

Ibu hamil juga dapat mengatasi pusing dengan berolahraga ringan secara rutin. Olahraga diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik tidak hanya mengurangi pusing yang anda alami saja. Akan tetapi, gejala kehamilan yang lain seperti mual dan sakit punggung juga mempengaruhinya. 

Perbedaan ketika pusing hamil dengan pusing biasa juga bisa diatasi dengan hal kecil lainnya agar dapat mencegah kondisi tersebut. Caranya adalah makan makanan kaya akan nutrisi, minum air putih secukupnya, hindari pakaian yang ketat agar bernapas dengan nyaman. Terakhir, kurangi aktivitas sehari hari agar anda dapat istirahat yang cukup.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pusing biasa dan pusing kehamilan tidak memiliki banyak perbedaan. Perbedaan yang terlihat jelas adalah pusing saat masa hamil juga diikuti dengan gejala lain seperti rasa mual. Walau pusing saat hamil dan pusing biasa terlihat sama namun tetap dibutuhkan cara yang berbeda untuk mengatasinya.

Posting Komentar

0 Komentar