Ragam Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

Ragam Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

Setiap kendaraan bermotor yang ada di Indonesia dilengkapi dengan beberapa dokumen. Dokumen ini merupakan sebuah bukti kepemilikan yang sah terhadap kendaraan bermotor. Ada dua jenis dokumen yang melengkapi kendaraan bermotor yaitu BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua dokumen tersebut memiliki fungsi yang berbeda pastinya. Fungsi BPKB adalah sebagai alat bukti yang sah terhadap kepemilikan sebuah kendaraan. Sedangkan STNK merupakan surat yang melengkapi kendaraan yang isinya adalah informasi penting mengenai pajak dan tarifnya. STNK harus diperpanjang secara berkala setiap 1 tahun sekali dan 5 tahun sekali. Untuk cara melihat biaya perpanjangan stnk dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan melihat pada tabel yang tertera pada stnk atau melihatnya melalui internet

Melihat Biaya Pajak Kendaraan Melalui STNK

STNK selain berfungsi untuk barang bukti kepemilikan atas suatu kendaran, dalam stnk juga tertera informasi tentang pajak kendaraan  beserta besaran nominal yang harus dibayarkan. Ada 2 jenis pajak yang harus dibayarkan secara rutin yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Ada 2 bagian dalam tabel yang perlu dicermati yaitu kolom PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan kolom SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Besaran pajak yang harus dibayar adalah total dari penjumlahan keduanya.

Melihat Biaya Pajak Kendaraan Secara Online

Selain melihat biaya pajak kendaraan bermotor langsung melalui stnk, cara melihat biaya perpanjangan stnk juga dapat melalui media digital secara online. Polri telah meluncurkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat besaran biaya pajak kendaraan yang harus dibayar. Aplikasi tersebut sudah bisa didownload di google play store. Selain aplikasi dari polri, juga banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk melihat tarif. 

Selain melalui aplikasi, besaran tarif pajak kendaraan juga dapat dilihat dengan menggunakan website. Anda hanya perlu memasukkan nomor pada plat nomor kendaraan dan juga NIK. Hampir setiap daerah di Indonesia telah memiliki website resmi untuk melihat tarif pajak kendaraan bermotor.

0 komentar:

Posting Komentar

Bule's sharing Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger