Cara Mengedukasi Anak Mengenai Virus Corona

Cara Mengedukasi Anak Mengenai Virus Corona

Masa pandemi telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan. Kegiatan di luar rumah yang dibatasi menjadikan anak sulit memahami situasi ini. Biasa bermain diluar bersama teman-temannya, kini anak kita harus bermain sendiri di dalam rumah. Jangan bingung untuk mengatasinya, jadilah orang tua yang cerdas dengan mengedukasi Corona kepada anak seperti cara berikut ini.

Bagaimana Caranya Agar Anak Paham?

1. Pemahaman Covid-19

Hal paling pertama yang harus dilakukan orang tua adalah menjelaskan secara perlahan dan mudah dimengerti anak mengenai Covid-19 ini. Awalnya, tanyakan kepada mereka apakah mereka telah mengetahuinya, kemudian luruskan pemahaman mereka dengan penjelasan yang benar. Jangan sampai anak terpengaruh oleh berita burung yang beredar di televisi.

Jelaskan kepada anak bahwa penyakit ini dapat disembuhkan, jangan biarkan anak cemas dan khawatir berlebihan. Pastikan anak anda paham bawa pandemi ini telah terjadi di seluruh dunia dan semua merasakannya, bukan hanya dia seorang. Gunakan analogi yang mudah dipahami oleh anak anda dan hindari bahasa ilmiah yang tidak dipahami oleh anak.

2. Protokol Kesehatan

Biasakan protokol kesehatan di rumah anda, anak harus mengerti pentingnya mematuhi protokol kesehatan saat virus Corona menyebar dimana-mana. Siapkan masker kecil yang bisa dipakai oleh kepala mungilnya agar anak anda terbiasa menggunakan masker saat keluar rumah. Jangan lupa untuk menyediakan sabun cuci tangan di pintu masuk rumah anda.

Saat bepergian keluar rumah, berikan pemahaman yang baik kepada anak untuk bisa menjaga jarak dengan orang lain. Anak-anak dengan rasa ingin tahunya yang tinggi biasa menyentuh barang apa saja yang dilihatnya. Biasakan menggunakan hand sanitizer atau sabun cuci tangan setiap anak habis memegang atau menyentuh barang di sekitarnya.

3. Memberi Contoh

Orang tua yang baik adalah yang tidak hanya memerintahkan, tapi juga melakukan perintah kepada anak. Kita sebagai orang tua harus memberikan pemahaman secara menyeluruh, tidak hanya dari perkataan tapi juga dengan perbuatan. Saat anda menyuruh anak untuk konsumsi makanan yang bergizi, maka anda juga harus menjaga nafsu makan anak anda agar tetap sehat.

Anak-anak akan lebih ampuh belajar dengan meniru. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat bersama, maka anak akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Coba juga untuk mengisi kegiatan di rumah dengan berolahraga bersama anak anda. Anda juga dapat mengajaknya membersihkan kamar mainnya bersama sebagai pengisi waktu yang menyenangkan.

4. Pola Hidup Sehat

Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh anda dan keluarga. Meskipun tidak pergi ke sekolah saat masa pandemi, pastikan anak anda tidur tepat waktu dengan waktu istirahat yang cukup. Perhatikan waktu main dan belajarnya agar tetap seimbang dan anak tidak mengalami kelelahan karena dapat menurunkan imunitas.

Telah disebutkan tadi bahwa olahraga dan makanan yang sehat juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh anak. Ciptakan ruang gerak bagi anak untuk dapat berolahraga. Dan perhatikan juga nafsu makan anak agar senantiasa mengonsumsi makanan yang bergizi. Anak yang sehat akan bermain dan belajar dengan cerita serta membanggakan anda tentunya.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai orang tua cerdas yang mengedukasi anak mengenai pandemi ini. Jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus. Berikan suplemen tambahan untuk menjaga imunitas anak dengan produk dari www.mskids.co.id agar anak tetap sehat dan ceria.

0 komentar:

Posting Komentar

Bule's sharing Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger