Pulau Bintan, Pulau Tropis dengan Segudang Wisata Eksotis

Pulau Bintan, Pulau Tropis dengan Segudang Wisata Eksotis
Sumber: https://jatimtimes.com/

Ketika mendengar nama Pulau Bintan, kebanyakan orang akan membayangkan kumpulan resort-resort mewah. Lagoi Bay, Treasure Bay, Angsana dan nama-nama terkenal lain memenuhi pulau cantik ini. Namun selain tempat-tempat tersebut, Pulau Bintan juga punya tempat-tempat lain dengan pesona yang luar biasa. Danau, pantai, pulau bahkan tempat peribadatan yang eksotis dan wajib dikunjungi. Tanpa berbasa-basi, mari menjelajah segudang wisata eksotis yang dimiliki pulau tropis yang satu ini.    

Telaga Biru

Sumber: https://bintantravel.co.id/

Siapa yang tidak akan terkesima melihat air biru jernih di tengah hamparan berwarna putih yang tentunya terlihat sangat menyejukkan. Telaga Biru awalnya merupakan penambangan bauksit yang sudah dihentikan sejak masa pemerintahan Soeharto. Hamparan berwarna putih tersebut adalah gundukan pasir bauksit yang telah mengeras seperti karang. Dengan pemandangan indah ini, kondisi panas terik yang kerap terjadi di Telaga Biru tidak akan terasa lagi. Anda hanya akan sibuk terpesona melihat bagaimana indahnya bentang alam ciptaan Tuhan yang satu ini. 

Danau Biru Kawal

Sumber: https://bintantravel.co.id/

Danau indah dengan warna biru nan eksotis lainnya yang ada di Pulau Bintan adalah Danau Biru Kawal. Jika Telaga Biru terbentuk dari proses galian bauksit, maka Danau Biru Kawal  terbentuk karena bekas galian tambang pasir. Danau ini berada di atas tanah liat yang cukup dalam dan inilah yang menyebabkan warna danau menjadi biru. Tempat ini dijamin akan menenangkan untuk Anda. Selain karena air birunya yang menyegarkan mata, tempat ini pun masih jarang dikunjungi wisatawan karena masih menjadi tempat penambangan yang aktif. 

Pulau Beralas Pasir

Sumber: http://www.triptrus.com/

Istilah ‘kecil-kecil cabe rawit’ mungkin cocok disematkan pada Pulau Beralas Pasir. Pulau yang lebih dikenal dengan nama White Sand Island ini memang kecil, namun di dalamnya menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Pulau ini bahkan diberi julukan surga tropis Laut Cina Selatan. Tidak heran memang, karena Pulau Beralas Pasir mempunyai pantai yang biru jernih, pasir yang putih, kekayaan bawah laut yang melimpah serta fasilitas memadai. Rasanya tidak ada yang kurang di pulau ini.  

Pulau Penyusuk

Sumber: https://www.joglowisata.com/

Jika Anda mencari pulau perawan yang masih belum diketahui oleh banyak orang, maka Pulau Penyusuk adalah pilihannya. Pulau ini memang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Namun tidak perlu khawatir karena pulau ini sangat bersih dan asri karena warganya yang sangat peduli terhadap pengelolaan pulau ini. Pulau Penyusuk terkenal akan keindahan bawah lautnya. Dan Anda pun diizinkan untuk snorkeling dan menikmati itu semua.  

Pantai Senggiling

Sumber: http://mp3ringtonesigp.blogspot.com/

Satu lagi pantai dengan pemandangan indah namun belum terlalu terjamah popularitas, Pantai Senggiling. Ketenaran pantai ini memang masih kalah dibanding Lagoi Bay yang ada di sebelahnya. Namun keindahannya tentu saja bisa disejajarkan. Di sini Anda akan merasakan nuansa yang sangat alami dari pantainya yang jernih, pasirnya yang putih dan bebatuan besarnya yang eksotis. Anda pun akan merasa mempunyai pantai sendiri ketika berada di Pantai Senggiling ini.

Pantai Trikora

Sumber: https://nungkindria.travel.blog/

Pecinta diving dan snorkeling wajib sekali berkunjung ke Pantai Trikora. Karena saat musim kemarau datang, pantai terlihat sangat biru dan jernih sehingga sangat cocok untuk snorkeling. Selain itu alam bawah lautnya tidak hanya kaya tetapi juga sangat indah. Pantai ini juga merupakan pantai terpanjang di Bintan karena merupakan rangkaian dari empat buah pantai yakni trikora 1, 2, 3 dan 4. Dengan begini Anda tentu akan sangat puas menjalaninya bukan?

Masjid Raya Sultan Riau

Sumber: https://batamclick.com/

Tidak hanya alamnya yang eksotis, Pulau Bintan juga mempunyai wisata religi dengan tempat yang sama eksotisnya. Salah satunya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang berada di Pulau Penyengat. Masjid ini terlihat sangat mencolok dengan warna hijau dan kuning yang menyala. Yang membuat masjid ini istimewa karena masjid ini sudah berdiri kokoh dari tahun 1803. Hal istimewa lainnya dari masjid ini adalah dinding-dindingnya yang tidak  direkatkan dengan semen atau tanah liat melainkan dari putih telur. Mengejutkan bukan? Dengan putih telur bangunan ini bisa berdiri kokoh hingga saat ini. 

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Sumber: http://yopiefranz.com/

Dari tempat peribadatan Islam, mari beralih ke tempat peribadatan Buddha di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Temboknya yang tidak diplester akan mengingatkan Anda akan Tembok Raksasa Cina. Di bagian depannya, Anda pun akan disambut oleh patung Buddha setinggi kurang lebih lima meter. Keindahan vihara ini tidak berhenti di situ, karena di sini Anda akan menemukan ratusan patung Buddha yang berderet dan mempunyai muka yang berbeda satu dengan lainnya. Konon katanya ini adalah seluruh ekspresi Buddha ketika dalam wujud manusia. 

Itu tadi beberapa tempat wisata nan eksotis yang dimiliki oleh Pulau Bintan. Tentunya Anda tidak ingin menyia-nyiakan pulau secantik ini bukan? Kemasi barang Anda dan dapatkan pengalaman luar biasa di tempat yang sempurna.  

0 komentar:

Posting Komentar

Bule's sharing Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger